Tidak ada salahnya ngasih makan kura-kura ini ya... ^_^

20 November 2009

Tips Nakal Membuat Anda Terlihat Sibuk Bekerja

Anda sedang super malas, hari ini. Tapi supervisor atau bos Anda selalu “bergentayangan” terus di sekitar Anda. Anda harus segera mencari solusi berupa jalan tengah antara tidak dimarahi bos dan ego Anda untuk sedikit bersantai pada hari itu dapat terlaksana. Berikut ini 10 Tips unik membuat Anda terlihat sibuk bekerja di kantor:

1. Tatap Monitor. Bila Anda bekerja di depan monitor, tataplah layar dengan tingkat konsentrasi (terlihat) tinggi. Sedangkan Anda sedang main game atau membuka halaman Facebook. Jangan pernah tergelak karena membaca e-mail lucu atau komentar-komentar gokil di wall facebook rekan Anda. Ini akan membuat supervisor atau bos Anda menganggap Anda sedang bekerja dengan serius. Biasanya, mereka jadi tidak tertarik mengecek apa yang sedang Anda kerjakan. Namun, hal ini tidak bisa diterapkan jika layar monitor menghadap keluar.

2. Peletakan Benda. Letakan benda di tempat yang tidak umum. Misalnya seperti ballpoint diselipkan di telinga, atau ballpoint menjadi pengikat rambut. Peletekan benda yang tidak normal membuat Anda terlihat sibuk. Boleh juga kalau mau ditambah aksen mengacak-acak rambut.

3. Aktifitas Repetitif. Lakukan aktifitas yang berulang-ulang, seperti menelpon yang terus menerus (jangan lupa kening dikerutkan dan tangan memegang alat tulis), bolak-balik mencatat (kertas-kertas atau buku catatan berada di depan Anda selalu), mengulang memeriksa catatan (entah laporan keuangan atau proposal). Saat membaca sesuatu, letakkan telapak tangan di kening, seolah sedang berpikir keras. Cara ini cukup ampuh membuat Anda terlihat serius berat.

4. Sering Bergerak. Sering-seringlah berdiri dari kursi untuk mengambil sesuatu, mem-foto-copy, mengambil minuman, mampir ke meja lain atau aktivitas lain yang membuat Anda harus sering-sering bangkit dari tempat duduk. Kalau perlu Anda jangan duduk bersandar di kursi. Posisi duduk tegak, dan siap-siap hendak bangkit lagi.

5. Bicara Cepat. Usahakan bicara dengan cepat dan to the point. Bagi Anda yang tidak terlatih melakukan hal ini, maka Anda perlu berlatih terlebih dahulu. Cara bicara yang cepat mengindikasikan Anda tidak punya banyak waktu untuk chit-chat. Gunakan pilihan kata dan struktur kalimat formal ketika bergosip di dekat supervisor Anda. HIngga mereka akan mengira Anda sedang membicarakan pekerjaan.

6. Tempel Post-it. Catat apa saja yang harus Anda lakukan termasuk jadwal makan siang dan menelepon pasangan, pada selembat post-it atau kertas catatan kecil yang terpisah-pisak. tempelkan di meja dan pinggirkan layar monitor komuputer.

7. Meja Berantakan. Buatlah meja Anda tidak dalam kondisi rapi. Meja yang berantakan bisa jadi indikasi Anda terlalu sibuk hari itu untuk membereskannya. Letakkan barang-barang yang ingin segera ditemukan, di dlam laci atau tempat yang terpisah.

8. Jalan Cepat. Usahakan berjalan dengan cepat. Lakukan gerakan-gerakan yang spontan, cepat dan (kalau perlu) serba mendadak. Jalan cepat mengindikasikan Anda ingin segera sampai dan menyelesaikan urusan. Tidak perlu sampai setengah berlari, itu terlalu hiperbolis.

9. Mundurkan Lunch. Ketika orang-orang sudah gelisah untuk makan siang. Anda menahan diri. Mundurkan jam makan siang sampai sekitar 30 menit. Ini kana membuat Anda terlihat sibu, seolah tak sempat makan siang tepat pada waktunya.

10. Sortir E-mail. Pilihlah e-mail yang masuk, terutama e-mail kantor. Segeralah jawab e-mail penting atau terlihat penting, dengan kalimat pendek-pendek dan to the point. Klaau perlu, cek sesering mungkin. Bila ada jawaban baru dan kelihatannya penting juga, segeralah jawab. Namun, abaikan saja e-mail yang sepertinya tidak terlalu penting dijawab segera. Hal ini akan terlihat oleh si bos. Dia akan melihat bahwa Anda cukup sibuk menjawab e-mail penting, dan tidak punya waktu untuk e-mail tak penting.




Tidak ada komentar:

IP