Tidak ada salahnya ngasih makan kura-kura ini ya... ^_^

06 Oktober 2009

www.facebook.com, lite.facebook.com, m.facebook.com: Tiga Cover Buku Facebook

Saat ini Facebook memiliki satu lagi cover buku baru yaitu Facebook Lite (lite.facebook.com). Facebook Lite ini menambah Cover yang sudah ada sebelumnya yaitu www.facebook.com dan m.facebook.com (biasa diakses dari ponsel atau pda). Apa sebenarnya yang membedakan dari ketiga tampilan ini?


www.facebook.com

www.facebook.com

lite.facebook.com

lite.facebook.com


m.facebook.com

m.facebook.com

Facebook Lite ini dibuat bukan tanpa alasan, tapi merupakan satu jawaban dari Facebook untuk memenuhi kebutuhan banyak orang dengan berbagai latar belakang akses internet. Bagi pengguna yang memiliki akses internet cepat tentunya tidak begitu bermasalah saat membuka-buka halaman Facebook.com, tapi bagi pengguna akses internet yang mengandalkan modem PSTN misalnya akan terasa lambat, karena memang untuk konten Facebook.com sendiri sangat berat, mulai foto, berbagai macam aplikasi, shortcut, dan fitur-fitur lainnya. Saya sendiri kadang lebih suka membuka Facebook versi mobile (m.facebook.com) melalui PC, karena kontennya ringan sehingga mudah dan cepat untuk diakses, untuk merubah status, berkomentar menjadi lebih mudah. Hanya sayang, banyak sekali fitur yang dihilangkan pada versi mobile ini.


Home Facebook.com

Home Facebook.com

Home Facebook Lite

Home Facebook Lite

Home Facebook Mobile

Home Facebook Mobile

Untuk menjawab kondisi tersebut, Facebook memberikan satu lagi alternatif, yaitu Facebook Lite (lite.facebook.com). Facebook Lite ini berada di tengah-tengah antara Facebook.com dan Facebook Mobile, dengan Facebook Lite ini pengguna tidak kehilangan terlalu banyak fitur seperti di Facebook Mobile, tapi juga tidak terlalu berat mengaksesnya seperti Facebook.com. Tampilan navigasi dasar Facebook.com masih terlihat dipertahankan di Facebook Lite, hanya saja beberapa shortcut di sidebar dihilangkan, termasuk di bagian footer. Fitur lain yang tidak ditemui dalam Facebook Lite adalah Messenger, dalam Facebook Lite, kita tidak bisa melakukan chatting dengan rekan-rekan Facebook lain yang kebetulan sedang online.

Profil Facebook.com

Profil Facebook.com

Profil Facebok Lite

Profil Facebok Lite

Profil Facebook Mobile

Profil Facebook Mobile

Apalagi yang berbeda dari Facebook Lite ini? Silakan coba dan lihat sendiri perbedaannya, yang jelas, kecepatan dalam mengaksesnya akan sangat terasa…..



Tidak ada komentar:

IP